Narita International Airport,Japan

Preparing for departure

East West Center, University of Hawaii

All of the participants for Civic Education short course, University Of Hawaii

Davi and Haris

Happy family of my little sister

Elementary School in Hawai'i

Fun learning and school visit

Project Citizen SMP Negeri 16 Bandar Lampung

Implementasi model Project Citizen di SMPN 16 Bandar Lampung

Narita International Airport

Funny and new experience

Selasa, 20 Maret 2012

Kapita Selekta PKn








Tugas Proyek (Akhir Semester)
Kapita Selekta PKn
Kelas Ganjil dan Genap (Angkatan 2009)






Mata Kuliah : Kapita Selekta PKn
Dosen : M. Mona Adha, M.Pd
Semester : Genap
Tahun Akademik : 2011/2012 


Berikut ini adalah judul-judul untuk Tugas Proyek bagi masing-masing mahasiswa yang mengambil Mata Kuliah Kapita Selekta PKn Tahun Akademik 2011/2012. Anda dapat mengambil judul yang telah disediakan dengan disesuaikan berdasarkan nomor urut pada daftar hadir di kelas. Judul yang telah anda dapat, kemudian dikembangkan menjadi sebuah tulisan essay dengan mengikuti arahan sebagai berikut:

1. Buatlah tulisan essay sebanyak lima halaman (termasuk daftar referensi, minimal 3 buku)
2. Cover 1 halaman (lengkap dengan judul essay, nama, dan NPM)
3. Tulisan essay ditulis dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar
4. Ditulis dengan huruf times new roman, ukuran huruf 12, spasi 1, kertas A4 80gr
5. Tulisan essay dikumpul paling lambat tanggal 14 Mei 2012

Tugas Proyek diserahkan dalam bentuk print out. Dari judul nomor 1-10, 11-20, 21-30, 31-40 dan seterusnya, masing-masing dijilid jadi satu, disertai dengan daftar nama mahasiswa keseluruhan pada bagian cover depan.

  1. Fungsi keluarga sebagai mitra dalam membangun karakter
  2. Peran pemerintah pusat dalam pembangunan karakter
  3. Peran pemerintah daerah dalam pembangunan karakter
  4. Peran PAUD dalam pembentukan karakter
  5. Peran guru sebagai pendidik karakter
  6. Peran pendidikan formal dalam pembentukan karakter
  7. Peran pendidikan informal dalam pembentukan karakter
  8. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab
  9. Nilai karakter: Religius
  10. Nilai karakter: Jujur
  11. Nilai karakter: Toleransi
  12. Nilai karakter: Disiplin
  13. Nilai karakter: Kerja keras
  14. Nilai karakter: Kreatif
  15. Nilai karakter: Mandiri
  16. Nilai karakter: Demokratis
  17. Nilai karakter: Rasa ingin tahu
  18. Nilai karakter: Semangat kebangsaan
  19. Nilai karakter: Cinta tanah air
  20. Nilai karakter: Menghargai prestasi
  21. Nilai karakter: Bersahabat/komunikatif
  22. Nilai karakter: Cinta damai
  23. Nilai karakter: Gemar membaca
  24. Nilai karakter: Peduli lingkungan
  25. Nilai karakter: Peduli sosial
  26. Nilai karakter: Tanggung jawab
  27. Pendidikan pengembangan karakter adalah proses keberlanjutan
  28. Pentingnya pendidikan karakter
  29. Sekolah sebagai internalisasi pendidikan karakter
  30. Mempersiapkan warga negara memiliki karakter yang kuat dalam rangka mencapai tujuan hidup berbangsa dan bernegara
  31. Fungsi pendidikan karakter
  32. Tujuan pendidikan karakter
  33. Karakter yang dijiwai nilai-nilai luhur bangsa
  34. Pemahaman diri sendiri (self-knowledge)
  35. Kontrol diri
  36. Berempati terhadap orang lain
  37. Berperilaku baik dalam berkendaraan
  38. Menjadi warga negara indonesia yang cerdas, terampil dan berkarakter
  39. Mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri
  40. Menghargai keberagaman agama, budaya, dan suku
  41. Mengembangkan diri secara optimal
  42. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif
  43. Kemampuan memecahkan masalah
  44. Mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
  45. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain

Senin, 19 Maret 2012

Kajian Kewarganegaraan dan HAM


Universitas Lampung (UNILA), FKIP-IPS
Program Studi PPKn

Mata Kuliah : Kajian Kewarganegaraan dan HAM
Dosen : M. Mona Adha, M.Pd
Semester : Genap
Tahun Akademik : 2011/2012
Angkatan : 2009

Tugas Proyek (Akhir Semester)
Kelas Genap (2009)


Berikut ini adalah judul-judul untuk Tugas Proyek bagi masing-masing mahasiswa yang mengambil Mata Kuliah Kajian Kewarganegaraan dan HAM Tahun Akademik 2011/2012. Anda dapat mengambil judul yang telah disediakan dengan disesuaikan berdasarkan nomor urut pada daftar hadir di kelas. Judul yang telah anda dapat, kemudian dikembangkan menjadi sebuah tulisan essay dengan mengikuti arahan sebagai berikut:

1. Buatlah tulisan essay sebanyak lima halaman (termasuk daftar referensi, minimal 3 buku)
2. Cover 1 halaman (lengkap dengan judul essay, nama, dan NPM)
3. Tulisan essay ditulis dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar
4. Ditulis dengan huruf times new roman, ukuran huruf 12, spasi 1, kertas A4 80gr
5. Tulisan essay dikumpul paling lambat tanggal 14 Mei 2012

Tugas Proyek diserahkan dalam bentuk print out. Dari judul nomor 1-10, 11-20, 21-30, 31-40 dan seterusnya, masing-masing dijilid jadi satu, disertai dengan daftar nama mahasiswa keseluruhan pada bagian cover depan.


  1. declaration of human rights
  2. Warga negara dan globalisasi
  3. Menjadi tetangga yang baik dan peduli terhadap orang lain
  4. Melakukan sesuatu yang benar meskipun tidak ada seorangpun yang melihat
  5. Memperlihatkan kepedulian terhadap keberhasilan orang lain
  6. Membantu orang di lingkungan sekitar yang membutuhkan pertolongan
  7. Respek terhadap orang lain di lingkungan sekitar
  8. Kesadaran warga negara (civic consciousness)
  9. Pengertian dan perkembangan sejarah hak asasi manusia
  10. menghargai hak dan kewajiban serta kepentingan orang lain
  11. Menjunjung tinggi toleransi dalam kehidupan bermasyarakat
  12. Menerima keanekaragaman sosial dan budaya
  13. Memecahkan konflik dengan mengedepankan cara-cara yang menghindari kekerasan
  14. Mengembangkan kesadaran hukum warga negara
  15. Tindakan sederhana yang berisi kebaikan dalam kegiatan sehari-hari
  16. Mengembangkan sikap kasih sayang terhadap sesama
  17. Mencintai alam dan lingkungan hidup
  18. Contoh-contoh pelanggaran hak asasi manusia (1)
  19. Contoh-contoh pelanggaran hak asasi manusia (2)
  20. Bersikap demokratis yang sehat
  21. Indonesia menuju peradaban yang lebih modern dan demokratis (1)
  22. Indonesia menuju peradaban yang lebih modern dan demokratis (2)
  23. Indonesia menuju peradaban yang lebih modern dan demokratis (3)
  24. Berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti atau goyong royong
  25. Menjadi motor penggerak masyarakat ke arah perubahan yang lebih baik
  26. Menyisihkan sebagian harta untuk kepentingan warga masyarakat lain yang membutuhkan
  27. Memelihara ketertiban dan keamanan hidup bermasyarakat
  28. Memelihara kebersihan lingkungan
  29. Pencegahan terhadap eksploitasi alam secara berlebihan
  30. Menggunakan alat-alat/barang yang ramah lingkungan
  31. Nilai-nilai kejujuran
  32. Mengembangkan sikap toleransi
  33. Warga negara yang religius
  34. Membina solidaritas sosial sesama warga negara Indonesia
  35. Meningkatkan wawasan kebangsaan
  36. Memelihara dan menjaga lingkungan
  37. Pelestarian lingkungan hidup
  38. Gerakan bersih lingkungan hidup
  39. Bergaul dan berinteraksi dengan sesama warga masyarakat
  40. Menghormati dan menghargai orang lain.
    41. Warga negara yang disiplin
    42. Warga negara yang kreatif dan menghargai prestasi
    43. Kemampuan mengambil keputusan yang tepat dan bernalar.
    44. Menumbuhkan semangat kerja
    45. Warga negara yang kreatif dan berprestasi

Jumat, 16 Maret 2012

Kajian Kewarganegaraan dan HAM


Universitas Lampung (UNILA), FKIP-IPS
Program Studi PPKn

Mata Kuliah : Kajian Kewarganegaraan dan HAM
Dosen : M. Mona Adha, M.Pd
Semester : Genap
Tahun Akademik : 2011/2012
Angkatan : 2009

Tugas Proyek (Akhir Semester)
Kelas Ganjil (2009)


Berikut ini adalah judul-judul untuk Tugas Proyek bagi masing-masing mahasiswa yang mengambil Mata Kuliah Kajian Kewarganegaraan dan HAM Tahun Akademik 2011/2012. Anda dapat mengambil judul yang telah disediakan dengan disesuaikan berdasarkan nomor urut pada daftar hadir di kelas. Judul yang telah anda dapat, kemudian dikembangkan menjadi sebuah tulisan essay dengan mengikuti arahan sebagai berikut:
1. Buatlah tulisan essay sebanyak lima halaman (termasuk daftar referensi, minimal 3 buku)
2. Cover 1 halaman (lengkap dengan judul essay, nama, dan NPM)
3. Tulisan essay ditulis dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar
4. Ditulis dengan huruf times new roman, ukuran huruf 12, spasi 1, kertas A4 80gr
5. Tulisan essay dikumpul paling lambat tanggal 14 Mei 2012

Tugas Proyek diserahkan dalam bentuk print out. Dari judul nomor 1-10, 11-20, 21-30, 31-40 dan seterusnya, masing-masing dijilid jadi satu, disertai dengan daftar nama mahasiswa keseluruhan pada bagian cover depan.
  1. Membangun kompetensi warga negara (civic competence)
  2. Mengembangkan kemampuan mengambil keputusan yang jernih dan bernalar
  3. Warga negara yang berbhineka dan mendunia
  4. Paradigma baru pendidikan kewarganegaraan
  5. Partisipasi warga negara secara cerdas dan bertanggung jawab
  6. Pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge)
  7. Kecakapan kewarganegaraan (civic skill)
  8. Watak kewarganegaraan (civic dispotition)
  9. Kompetensi kewarganegaraan (civic competence)
  10. Peran penting pendidikan kewarganegaraan
  11. Kemerdekaan mengemukakan pendapat
  12. Mengembangkan sikap toleransi
  13. Menghormati dan menghargai orang lain
  14. Kejujuran sebagai nilai yang utama dan definisinya
  15. Mengembangkan sikap kerjasama
  16. Hak dan kewajiban sebagai warga negara
  17. Bhineka tunggal ika
  18. Pentingnya mengajarkan nilai-nilai kejujuran
  19. Tindakan sederhana yang berisi kebaikan dalam kegiatan sehari-hari
  20. Suka bekerja keras
  21. Mengembangkan sikap kasih sayang dan kepedulian
  22. Mencintai alam dan lingkungan hidup
  23. Individu dan hak asasi manusia
  24. Perkembangan HAM di kawasan Eropa (1)
  25. Perkembangan HAM di kawasan Eropa (2)
  26. Perkembangan HAM di kawasan Amerika (1)
  27. Perkembangan HAM di kawasan Amerika (2)
  28. Perkembangan HAM di kawasan Afrika (1)
  29. Perkembangan HAM di kawasan Afrika (2)
  30. Perkembangan HAM di kawasan Asia (1)
  31. Perkembangan HAM di kawasan Asia (2)
  32. Hak asasi manusia dalam hukum internasional
  33. Hak asasi manusia dalam budaya bangsa
  34. Four freedom oleh Franklin D Roosevelt
  35. Meningkatkan semangat etos kerja
  36. Menumbuhkan rasa percaya diri, kreatif dan pantang menyerah
  37. Warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab
  38. Peduli lingkungan
  39. Peduli sosial
  40. Warga negara yang disiplin
  41. Warga negara yang kreatif dan menghargai prestasi
  42. Bersahabat dan komunikatif dalam sikap dan tindakan
  43. Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama
  44. Membudayakan gemar membaca
  45. Kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan

Ilmu Kewarganegaraan

Universitas Lampung (UNILA), FKIP-IPS
Program Studi PPKn

Mata Kuliah : Ilmu Kewarganegaraan
Dosen : M. Mona Adha, M.Pd
Semester : Genap
Tahun Akademik : 2011/2012
Angkatan : 2011

Tugas Proyek (Akhir Semester)


Berikut ini adalah judul-judul untuk Tugas Proyek bagi masing-masing mahasiswa yang mengambil Mata Kuliah Ilmu Kewarganegaraan Tahun Akademik 2011/2012 Kelas Ganjil dan Kelas Genap. Anda dapat mengambil judul yang telah disediakan dengan disesuaikan berdasarkan nomor urut pada daftar hadir di kelas. Judul yang telah anda dapat, kemudian dikembangkan menjadi sebuah tulisan essay dengan mengikuti arahan sebagai berikut:
  1. Buatlah tulisan essay sebanyak lima halaman (termasuk daftar referensi)
  2. Cover 1 halaman (lengkap dengan judul essay, nama, dan NPM)
  3. Tulisan essay ditulis dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar
  4. Ditulis dengan huruf times new roman, ukuran huruf 12, spasi 1, kertas A4 80gr
  5. Tulisan essay dikumpul paling lambat tanggal 14 Mei 2012

    1. Peran pendidikan kewarganegaraan
    2. Pendidikan kewarganegaraan dalam proses kebijakan publik
    3. Membangun nasionalisme
    4. Nilai-nilai demokrasi
    5. Membangun karakter bangsa
    6. Sikap nasionalisme
    7. Kecakapan kewarganegaraan
    8. Pengetahuan warga negara
    9. Civic dispotition
    10. Wawasan nusantara
    11. Membangun karakter unggul siswa
    12. Patriotisme warga negara
    13. Urgensi pendidikan karakter
    14. Globalisasi dan kerjasama antarbangsa
    15. Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
    16. Warga negara Indonesia
    17. Pancasila dan UUD 1945 (Bagian 1)
    18. Pancasila dan UUD 1945 (Bagian 2)
    19. UUD 1945 dan perubahannya
    20. Demokrasi dan HAM (Bagian 1)
    21. Demokrasi dan HAM (Bagian 2)
    22. HAM dan pelaksanaannya
    23. Semangat kebangsaan
    24. Keragaman sosial budaya
    25. Peran serta RI dalam organisasi Internasional
    26. Wawasan kebangsaan
    27. Moralitas dalam kehidupan sehari-hari
    28. Hakikat pengertian Pancasila: Sila Pertama
    29. Hakikat pengertian Pancasila: Sila Kedua
    30. Hakikat pengertian Pancasila: Sila Ketiga
    31. Hakikat pengertian Pancasila: Sila Keempat
    32. Hakikat pengertian Pancasila: Sila Kelima
    33. Pancasila sebagai pemersatu bangsa
    34. Pancasila dan pembangunan nasional
    35. Smart and good citizen
    36. Tantangan dan implementasi wawasan nusantara
    37. Ketahanan nasional

      Tugas Proyek di atas diserahkan dalam bentuk print out. Dari judul nomor 1-10, 11-20, 21-30, 31-40 masing-masing dijilid jadi satu, disertai dengan daftar nama mahasiswa keseluruhan pada bagian cover depan.

Kamis, 15 Maret 2012

Pelatihan Civic Education, Jakarta


Friends from all over Indonesia, at Civic Education Training Program March 2012


Prof. White from Boston, and Mr. Diman


Peserta pada pelatihan civic education kemarin yang dilaksanakan di Hotel Millennium Jakarta dari tanggal 11-14 Maret 2012, dihadiri oleh para Pengampu Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dari berbagai universitas negeri di seluruh Indonesia. Jumlah peserta yang hadir berjumlah 27 peserta. Nara sumber pada pelatihan civic education kali ini dihadiri oleh Prof. Charles White (Boston University), Prof. Udin S Winataputra, dan juga dihadiri Prof. AT.

Minggu, 26 Februari 2012

Workshop Lesson Study

Workshop
Lesson Study Bagi Dosen FKIP UNILA

Nara Sumber:
Sumar Hendaya, Ph.D
Senin 27 Februari 2012

Lesson study diartikan sebagai suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan, berlandaskan prinsip-prinsip kolegialitas yang saling membantu dalam belajar untuk membangun komunitas belajar. Lesson study berasal dari bahasa Jepang (dari kata: jugyokenkyu) yaitu suatu proses sistematik yang digunakan oleh guru-guru Jepang untuk menguji keefektifan pengajarannya dalam rangka meningkatkan hasil pembelajaran (Garfield, 2006). Proses sistematik yang dimaksud adalah kerja guru-guru secara kolaboratif untuk mengembangkan rencana dan perangkat pembelajaran, melakukan observasi, refleksi dan revisi rencana pembelajaran secara bersiklus dan terus menerus. Menurut Lewis (2002) ide yang terkandung di dalam Lesson Study sebenarnya singkat dan sederhana, yakni jika seorang guru ingin meningkatkan pembelajaran, salah satu cara yang paling jelas adalah melakukan kolaborasi dengan guru lain untuk merancang, mengamati dan melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan. (Buku 2: Panduan Pelaksanaan Lesson Study di LPTK, Dirjen Dikti)

Apabila kita cermati definisi Lesson Study, maka kita menemukan 7 kata kunci, yaitu pembinaan profesi, pengkajian pembelajaran, kolaboratif, berkelanjutan, kolegialitas, mutual learning, dan komunitas belajar. Lesson study bertujuan untuk melakukan pembinaan profesi pendidik secara terus menerus. Kalau tidak dilakukan pembinaan terus menerus maka keprofesionalan dapat menurun dengan bertambahnya waktu. Bagaimana membinanya, yaitu melalui pengkajian pembelajaran secara terus menerus dan berkolaborasi. Pengkajian pembelajaran harus dilakukan secara berkala, misalnya seminggu sekali atau dua minggu sekali karena membangun komunitas belajar adalah membangun budaya yang memfasilitasi anggotanya untuk saling belajar, saling koreksi, saling menghargai, saling bantu, saling menahan ego. Membangun budaya tidak sebentar, memerlukan waktu  lama.

Sabtu, 25 Februari 2012

Orchard Road and Qlarke Quay, Singapore

Orchard Road dan Qlarke Quay Singapura


Sempatkan diri anda pada saat berjalan-jalan ke Orchard Road untuk berfoto di patung yang sedang bergaya dan berwarna warni.

Di Qlarke Quay kita bisa duduk-duduk santai disini, pada sore menjelang malam hari disini akan semakin ramai pengunjung yang datang. Banyak yang duduk ditepian sungai kecil yang bersih ini. Dan disini pula banyak toko atau gerai makanan yang beraneka ragam.

Esplanade merupakan ikon yang sangat terkenal di Singapura. Sangat mudah untuk menjangkau gedung ini. Bisa dengan MRT dari arah manapun kita bisa menuju ke Esplanade.

Foto bentar ahh....hehehe.. Di MRT yang bersih dan berpendingin udara ini, sangat nyaman untuk kita transportasi dari dan ke tempat tujuan yang akan kita datangi.