Karakteristik Project Citizen di Indonesia
Project Citizen yang diadaptasi di Indonesia memiliki
karakteristik substantif dan psiko-pedagogis sebagai berikut:
Menerapkan
model “portfolio-based learning” atau “model
pembelajaran berbasis portofolio” dan “portfolio-assissted
assessment” atau “penilaian berbasis portofolio” yang
dirancang dalam desain pembelajaran yang memadukan secara sinergis
model-model “social problem solving (pemecahan masalah),
social inquiry (penelitian sosial), “social involvement
(perlibatan sosial), cooperative learning (belajar bersama),
simulated hearing (simulasi dengar pendapat), deep-dialogue
and critical thinking (dialog mendalam dan berpikir kritis),
value clarification (klarifikasi nilai), democratic
teaching (pembelajaran demokratis).” Dengan demikian model ini
potensial menghasilkan “powerful learning” atau belajar
yang berbobot dan bermakna yang secara pedagogis bercirikan prinsip
“meaningful (bermakna), integrative (terpadu), value
based (berbasis nilai), challenging (menantang),
activating (mengaktifkan), and joyful (menyenangkan).”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar