Pages - Menu

Sabtu, 17 Agustus 2013

Karakteristik substantif dan psiko-pedagogis 2


Karakteristik Project Citizen di Indonesia
Project Citizen yang diadaptasi di Indonesia memiliki karakteristik substantif dan psiko-pedagogis sebagai berikut:
    Menerapkan model “portfolio-based learning” atau “model pembelajaran berbasis portofolio” dan “portfolio-assissted assessment” atau “penilaian berbasis portofolio” yang dirancang dalam desain pembelajaran yang memadukan secara sinergis model-model “social problem solving (pemecahan masalah), social inquiry (penelitian sosial), “social involvement (perlibatan sosial), cooperative learning (belajar bersama), simulated hearing (simulasi dengar pendapat), deep-dialogue and critical thinking (dialog mendalam dan berpikir kritis), value clarification (klarifikasi nilai), democratic teaching (pembelajaran demokratis).” Dengan demikian model ini potensial menghasilkan “powerful learning” atau belajar yang berbobot dan bermakna yang secara pedagogis bercirikan prinsip “meaningful (bermakna), integrative (terpadu), value based (berbasis nilai), challenging (menantang), activating (mengaktifkan), and joyful (menyenangkan).”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar