IMPLEMENTASI
PEMBINAAN AKHLAK MULIA DAN PENGEMBANGAN WARGA NEGARA YANG BAIK
MELALUI PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
(Studi
Deskriptif di MAN Cililin Kab. Bandung Barat dan MAN I Kota Bandung)
Oleh:
ADE HIDAYATULLOH
Abstrak
Pendidikan
Kewarganegaraan (Civic
Education) merupakan
subjek pembelajaran yang mengemban misi untuk membentuk kepribadian
bangsa, yakni sebagai upaya sadar dalam “nation
and character building”.
Dalam kontek ini peran pendidikan kewarganegaraan bagi
keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara sangat strategis.
Madrasah aliyah
sebagai sekolah formal yang berada dibawah kementerian agama turut
serta berperan dalam meningkatkan pembinaan akhlak siswa sebagai
warga negara dan dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan
untuk menjadikan warga negara yang baik sekaligus berakhlak sebagai
sekolah yang lebih banyak bermuatan agama, maka penulis termotivasi
untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang kesinambungan
pemahaman siswa tentang pelajaran keagamaan yang mengajarkan kebaikan
dengan aturan yang dibuat oleh pemerintah dan pembelajaran
penididikan kewarganegaraan dalam pembinaan akhlak mulia siswa
madrasah
Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini tentang “Implementasi pembinaan
akhlak mulia dan pengembangan warga negara yang baik melalui
pendidikan kewarganegaraan” adalah
pendekatan penelitian kualitatif, yaitu
suatu pendekatan yang tidak menggunakan upaya kuantifikasi atau
perhitungan-perhitungan statistik, melainkan lebih menekankan kepada
kajian interpretatif.
Penelitian ini
dilakukan di MAN I Kota Bandung dan MAN Cililin Kab. Bandung Barat
dengan responden antara lain kepala madrasah, wakil kepala madarasah,
guru Pendidikan Kewarganegaraan, dan siswa. Selanjutnya penelitian
ini berfokus pada lima masalah penelitian. 1) Pelaksanaan
pembelajaran di madarasah; 2) Pelaksanaan Pembelajaran akhlak di
madarasah; 3) Implementasi pembinaan akhlak mulia dan pengembangan
warga negara yang baik di madarasah; 4) Hambatan apa yang dihadapi
madrasah dalam implementasi pembinaan akhlak mulia siswa dengan warga
negara yang baik; 5) upaya-upaya madarasah melalui pendidikan
kewarganegaraaan dalam menciptakan akhlak mulia siswa dan
pengembangan warga negara yang baik. Penelitian ini merekomendasikan
kepada stakeholders
MAN I Kota Bandung dan MAN Cililin Kabupaten Bandung Barat, bahwa
melalui pendidikan kewarganegaraan sekaligus dapat
mengimplementasikan pembinaan akhlak mulia dan pengembanagn warga
negara yang baik.sehingga diharapkan setelah menjadi warga negara
yang baik harus sekaligus beraklhak seperti halnya siswa madrasah
yang secara kognitif mereka telah memahami ilmu-ilmu akhlak, maka
mereka dapat menunjukan perilaku yang baik di kelas, di sekolah, di
masyarakat.
0 comments:
Posting Komentar