Jumat, 04 Oktober 2013

Presentasi kelompok 6


Hasil Diskusi Kelompok 6
  1. Mengapa politik yang jalas jelas sedang dibangun itu malah dikatakan sebgai modernisasi politik? (Dolly Apriansyah)
Jawaban: coba sedikit dipahami menenai modernisasi. Modernisasi adalah sebuah proses menuju perbaikan sehingga yang dimaksudkan pembangunan politik itu adalah salah satu langkah yang dilakukan baik pemerintah maupun personality memodernisasi politik dengan demikian politik yang ada harus bersifat fleksibel agar tercipta modernisasi politik yang membawa kemajuan terhadap negara itu seiring dengan perkembangan zaman.
  1. Menurut anda bagaimana program KB bisa berjalan dengan baik? (Pluto Wurdiman)
Jawaban: Menurut kami dengan mengadakan sosialisasi atau penyuluhan dari pemerintah kepada masyarakat tentang program tersebut melalui iklan iklan ditelevisi atau media lainnya dan melaksanakan program tersebut dengan baik dan sebagai masyarakat kita juga harus mendukung program tesebut dengan melaksanaknnya dengan baik.
  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan regulatif capability ? (Wayan Erlina)
Jawaban: kemampuan regulatif capability dimaksudkan bagaimana sistem politik menyelenggarakan pengawasa terhadap tingkah laku individu dan kelompok yang ada didalmnya. Termasuk penenmpatan kekuatan-kekuatan yang absah untuk melakukan pengawasan terhadap tingkah laku manusia dan badan lain yang berada dalam sistem.
  1. Mengapa pertumbuhan pendidikan yang tinggi berpengaruh terhadap pembangunan politik? (Prayitno)
Jawaban: karena dengan pertumbuhan penduduk yang tinggi otomatis sumber daya manusia lebih banyak dan apabila sumber daya manusia banyak yang berkualitas(berpendidikan) itu akan menghasilkan orang-orang politik yang dapat membangun politik di Indonesia yang lebih baik.
  1. Apa yang di maksud perubahan sosial yang multidimensional? (M. Ar Raffi)
Jawaban: Pembangunan politik sebagai satu segi proses perubahan sosial yang multidimensi, menurut pandangan ini, semua bentuk pembangunan saling berkaitan. Pembangunan banyak persamaannya dengan modernisasi, dan terjadi dalam konteks sejarah dimana pengaruh dari luar masyarakat memengaruhi proses-proses perubahan sosial, persis sebagaimana perubahan-perubahan dalam bidang ekonomi, sistem politik dan tertib sosial saling memengaruhi satu sama lain.
  1. Apakah masing-masing kapabilitas saling mempunyai hubungan atau tidak? (Kurnia Nurkaromah)
Jawaban: kapabilitas pembangunan terdiri dari ekstraktif, regulative, distributive, responsive dan simbolik. Masing masing kapabilitas mempunyai keterkaitan satu sama lain seperti kapasilitas ekstraktif dan kapabilitif regulatif. Ekstraktif itu sendiri mengaitkan manusia dan sumber daya dari lingkungan sekitar sedangkan regulatif kapabilitif menrupakan pengontrolan aksi individu dan kelompok. Contoh kecilnya saja seperti adanya penambangan emas. Penambangan ini ditambang setelah masyarakat yang dkat dengan penambangan itu, seharusnya ada suatu tindakan dari pemerintah setempat dalam pemberian izin terhadap warga yang akan menambang. Sebaliknya warga pun harus meminta izin terhadap pemerintah setempat. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi adanya keilegalan dalam penambangan.
  1. Usaha apa saja yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi hambatan atau tantangan pembangunan politik? (Tika Elha Fifah )
Jawab :
  1. Membina disiplin nasional
Yang dimaksudkan disini adalah membina displin yang dimulai dari lingkungan keluarga,kerja dan lingkungan sosial sebagai tindak lanjut diarahkan pada mekanisme politik yg demokratis
  1. Perubahan soaial ekonomi
Dengan mengubah sistem pencaharian masyarakat agraris menjadi masyarakat industri. Perubahan sosial ekonomi juga bisa diartikan sebagai suatu keadaan dimana masyarakat berfokus pada ekonomi yang meliputi pekerjaan yang semakin beragam (spesialisasi), gaji, dan penghasilan yang semakin tinggi.
  1. Seberapa besar pengaruh prasyarat politik terhadap pembangunan ekonomi?(Monica Pricillia)
Jawab:Pembanguan politik dipandang sebagai keadaan masyarakat politik yg dapat memantu jalannya ekonomi, Secara umum, kegiatan politik selalu dihubungkan dengan tata pemerintahan. Namun, inti dari kegiatan politik sesungguhnya tidak sekadar tata pemerintahan saja, melainkan mencakup ke arah yang lebih luas, yakni untuk menegakkan keadilan yang merata ke seluruh lapisan masyarakat.
Dalam tinjauan ekonomi , memang terdapat kait mengait antara bidang politik dan keamanan dengan ekonomi. Keduanya saling mempengaruhi dan dipengaruhi. Ada beberapa pandangan untuk menciptakan kondisi ekonomi yang kokoh dibutuhkan stabilitas politik dan keamanan. Investor tidak akan mau menanamkan modal mereka di suatu negara jika politik dan keamanan negara bersangkutan tidak stabil. Untuk itu hubungan keduanya sangat erat dan saling mempengaruhi.
  1. Mengatasi money politik di Indonesia, bagaimana caranya? dan memakai metode apa? (Anas Fanani)
Jawab: praktek korupsi di negara ini sepertinya sudah menjadi budaya yg sejak dulu memang sulit untuk di hilangkan. Banyak cara telah di tempuh pemerintah mulai dari pemberian remunerasi kepada beberapa kementerian tertentu sampai dgn di bentuknya KPK. Tapi hasilnya menurut saya belum maksimal.dan menurut saya cara mengatasi korupsi ini dengan cara memperbaiki sistem pendidikannya karena pendidikan adalah alat vital suatu negara, dan menurut saya pendidikan dan masyarakat indonesiai ni sedang dilanda krisis moral sedangkan, negara ini pun memiliki banyak anak muda atau generasi penerus bangsa, untuk itu Kita seharusnya mendidik generasi penerus bangsa untuk memberantas tindakan korupsi, mengenalkan apa itu korupsi, , mengajarkan nilai nilai moral dan integritas sehingga mereka mampu untuk membawa negara ini ke depannya lebih baik lagi. Cara yang selanjutnya pertegas hukum di indonesia ini khususnya utk kasus korupsi. Dan cara yang selanjutnya yaitu dengan kembali kesadaran diri masing masing inidividu untuk tidak lagi melakukan korupsi
  1. Bentuk kerjasama antara pemerintah dan masyarakat yang seperti apa supaya menghasilkan pembanguan politik yang baik?
Jawab: bentuk kerja sama antara pemerintah dan masyarakat salah satunya adalah dengan warga taat dan melaksanakan peraturan atau kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Dengan ini akan terwujud pembangunan poitik yang baik, perwujudannya adalah dengan partifipasi dan kesadaran warga akan politik itu akan memperkuat kembali pembangunan politik yang ada di negara tersebut.
  1. Bagaimana penerapan pembangunan politik yang baik? (Triana Desita Sari)
Jawaban: untuk mencapai keseimbangan antara masyarakat dengan pemerintah yaitu sebagai mansyarakat kita harus mendukung dan ikut serta berpartisipasi dalam setiap kebijakan dan keputusan masyarakat.
    12. Apa perbedaan pembangunan politik orde lama, orde baru dan reformasi? (Weni Indrawaty)
Jawaban: orde lama masih terlihat kentalnya mekanisme, fungsi dan struktur politik yang tradisional.
Orde Baru pada orde ini mengakhiri tahapan tradisional padaorde lama, pembanguanan politik saat ini memasuki era lepas landas lewat proses rencana pembangunan lima tahun berkesinambungan dengan pengharapan Indonesia menuju tahap kedewasan yang selanjutnya menuju ke adil dan makmur. Pada masa ini adanya fusi partai, Indonesia menjalankan pemerintahan multi partai yang demokratis dan sistem politiknya berdasarkan trias politika. Reformasi perubahan metode sistem pemerintahan dari parlementer ke demokrasi terpimpin. Pada era ini BJ.Habibie memberi kebijakan untuk masyarakat indonesia bebas mengeluarkan pendapat bertindak dan melakukan kreatifitas untuk menunjang diri sendiri. Timbulnya fandalisme dalam berdemokrasi karena ketidakmerataan pembangunan politik oleh pemerintah yang berdampak pada psikologis masyarakat dan menimbulkan dampak terhadap masyarakat yang menggunakan pembangunan. Pemerintah memihak kepada kaum elit yang seakan menekan rajyat miskin(penggusuran).
    13. Menurut anda bagaimana pembanguan poltik itu ? (Widya Pangestu)
Jawaban: Pembanguan politik menurut kami merupakan suatu pembangunan nasional yang akan merangsang pembanguanan lainnya.pembangunan politik diarahkan unutk mewujudkan masyarakat yang demokratis yang akan memicu terjadinya ketertiban dan keteraturan politik maka perlu adanya keseimbangan antara masyarakat dan lembaga politik dalam merencanakan suatu pembangunan politik agar terwujudnya ketertiban dan keteraturan itu sendiri.
    14. Jelaskan yang dimaksud stimulatif dan berikan contohnya ? (Risva Nita)
Jawaban: stimulatif merupakan salah satu pendekatan dalam pembangunan poltik yang bersifat merangsang atau mendorong seseorang agar turut serta dalam pembangunan poltik
    15. Pembangunan politik sebagai prasayart yg seperti apa? (Riska Ardilla)
Jawaban: suatu pembangunan politik dipandang sebagai keadaan masyarakat politik yang dapat membantu jalannya ketertiban politik.
    16. Apa yang dimaksud dengan mobilisasi dan partisipasi masyarakat berikut contohnya? (Yogi Pratama)
Jawaban: Mobilisasi adalah tindakan pengerahan dan penggunaan secara serentak sumber daya manusia serta sarana dan prasarana nasional yang telah dibina dan dipersiapkan sebagai komponen kekuatan pertahanan keamananan negara untuk digunakan secara tepat, terpadu, dan terarah bagi penanggulangan setiap ancaman, baik dari luar maupun dari dalam negeri. Partisipasi adalah masyarakat ikut ambil bagian dalam pembangunan masyarakat itu artinya masyarakat harus aktif dalam kegiatan bermasyarakat.
    17. Apa hubungan politik dengan partisipasi ?
Jawaban: jika masyarakat sudah berpartisipasi terhadap sisitem politik, memberikan suara berani mempertanyakan kebijakan pemerintah (protes) maka akan terwujud demokratisasi. Selanjunya akan terwujud masyrakat madani, masyarakat madani itu sendiri merupakan suatu masyarakat yang dalam batas-batas tertentu mampu memajukan dirinya sendiri melalui penciptaan aktifitas mandiri dalam suatu ruang gerak yang tidak memungkinkan negara melakukan interfensi civil cociety mencerminkan tingkat kemampuan dan kemajuan masyarkat yang ada, tinggi untuk bersikap kertis dan partisipatif dalam menghadapi dalam berbagai persoalan politik yang ada dilingkungan. Jika sudah adanya masyarakat madani maka perwujudan demokrasi akan benar benar berjalan dan pembangunan politik akan benar benar tercipta dengan baik dan keduanya saling memiliki keterkaitan yang erat dalam peranannya.

0 comments: