Sabtu, 27 Juli 2013

Implementasi Pembinaan Akhlak Mulia Warga Negara


IMPLEMENTASI PEMBINAAN AKHLAK MULIA DAN PENGEMBANGAN WARGA NEGARA YANG BAIK MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
(Studi Deskriptif di MAN Cililin Kab. Bandung Barat dan MAN I Kota Bandung)
Oleh: ADE HIDAYATULLOH

Abstrak

Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education) merupakan subjek pembelajaran yang mengemban misi untuk membentuk kepribadian bangsa, yakni sebagai upaya sadar dalam “nation and character building”. Dalam kontek ini peran pendidikan kewarganegaraan bagi keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara sangat strategis.
Madrasah aliyah sebagai sekolah formal yang berada dibawah kementerian agama turut serta berperan dalam meningkatkan pembinaan akhlak siswa sebagai warga negara dan dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk menjadikan warga negara yang baik sekaligus berakhlak sebagai sekolah yang lebih banyak bermuatan agama, maka penulis termotivasi untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang kesinambungan pemahaman siswa tentang pelajaran keagamaan yang mengajarkan kebaikan dengan aturan yang dibuat oleh pemerintah dan pembelajaran penididikan kewarganegaraan dalam pembinaan akhlak mulia siswa madrasah
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini tentang “Implementasi pembinaan akhlak mulia dan pengembangan warga negara yang baik melalui pendidikan kewarganegaraan” adalah pendekatan penelitian kualitatif, yaitu suatu pendekatan yang tidak menggunakan upaya kuantifikasi atau perhitungan-perhitungan statistik, melainkan lebih menekankan kepada kajian interpretatif.
Penelitian ini dilakukan di MAN I Kota Bandung dan MAN Cililin Kab. Bandung Barat dengan responden antara lain kepala madrasah, wakil kepala madarasah, guru Pendidikan Kewarganegaraan, dan siswa. Selanjutnya penelitian ini berfokus pada lima masalah penelitian. 1) Pelaksanaan pembelajaran di madarasah; 2) Pelaksanaan Pembelajaran akhlak di madarasah; 3) Implementasi pembinaan akhlak mulia dan pengembangan warga negara yang baik di madarasah; 4) Hambatan apa yang dihadapi madrasah dalam implementasi pembinaan akhlak mulia siswa dengan warga negara yang baik; 5) upaya-upaya madarasah melalui pendidikan kewarganegaraaan dalam menciptakan akhlak mulia siswa dan pengembangan warga negara yang baik. Penelitian ini merekomendasikan kepada stakeholders MAN I Kota Bandung dan MAN Cililin Kabupaten Bandung Barat, bahwa melalui pendidikan kewarganegaraan sekaligus dapat mengimplementasikan pembinaan akhlak mulia dan pengembanagn warga negara yang baik.sehingga diharapkan setelah menjadi warga negara yang baik harus sekaligus beraklhak seperti halnya siswa madrasah yang secara kognitif mereka telah memahami ilmu-ilmu akhlak, maka mereka dapat menunjukan perilaku yang baik di kelas, di sekolah, di masyarakat.

Reactions:

0 comments: