Sabtu, 03 Agustus 2013

Pelayanan Umum yang Baik


korantransaksi.com

Pemberian Pelayanan Umum yang Baik

Salah satu tugas pemerintah yang terpenting adalah memberikan pelayanan umum kepada masyarakat. Oleh karena itu, organisasi pemerintah disebut juga sebagai “pelayan masyarakat” (Public Servant). Semua aparat pemerintah menyadari arti pentingnya pelayanan. Aparatur pemerintah hendaknya benar-benar memahami mengenai posisinya sebagai pelayan masyarakat dan juga filosofi dari pelayanan itu sendiri.

Tjosvold (1993: x): melayani masyarakat baik sebagai kewajiban maupun sebagai kehormatan, merupakan dasar bagi terbentuknya masyarakat yang manusiawi.

Bagi organisasi, melayani konsumen merupakan “saat yang menentukan” (moment of thruts), peluang bagi organisasi untuk menunjukkan kredibilitas dan kapabilitasnya.
(Carlzon 91987) Mengemukakan perlunya mengembangkan strategi baru untuk ekonomi yang mengutamakan pelanggan. Bahkan Carlzon menamakan abad sekarang sebagai “abad pelanggan”, abad dimana para pengguna jasa diposisikan pada tempat yang sangat terhormat.
Artinya, peranan manajemen jasa termasuk jasa pelayanan umum juga menjadi semakin penting. Pemerintah sebagai penyedia jasa pelayanan, terutama jasa pelayanan umum perlu pula mengembangkan manajeman yang sesuai dengan karakteristik jasa yang diberikannya.

0 comments: