Selasa, 13 Agustus 2013

Buanglah sampah pada tempatnya








These pictures are taken at school in Honolulu, Hawai'i (USA)

Belajar Membuang Sampah Pada Tempatnya

Kecil dan sepele sepertinya, kalau hanya membuang sampah seperti kulit permen atau kulit kacang ke tempat sampah. Tapi ini jelas lebih berkaitan dengan budaya hidup bersih itu sendiri dan bagaimana kita lebih disiplin terhadap diri sendiri. Kalau seseorang terbiasa membuang sampah sembarangan sepertinya butuh waktu agar seseorang tersebut jadi terbiasa membuang sampah pada tempatnya. Banyak kita jumpai orang-orang yang buang sampah sembarangan, ada yang membuang botol bekas minuman dengan dilempar begitu saja, ada yang membuang puntung rokok di sembarang tempat, ada yang membuang sampah tisu dari dalam mobil, dan lain-lain yang padahal ada tempat sampah tersedia di sekitar mereka. Tapi masih saja membuang sampah sembarangan.

Ini budaya yang mesti dihentikan. Mulai dari sekarang siapapun dan dimanapun kita semua memulai dengan budaya santun yang baik dengan membuang sampah pada tempatnya. Jika kita tidak menemukan kotak atau tong sampah, kita dapat menyimpannya terlebih dahulu di saku baju kita atau tas kita yang kemudian baru akan kita buang ke tong sampah pada saat kita sudah menemukan/melihat tempat sampah.

Mari kita mulai dari diri kita sendiri dan sebarkan kepada orang-orang yang ada di sekitar kita untuk membuang sampah pada tempatnya. Mari kita sampaikan ke anak kita, siswa siswi kita dan yang lainnya untuk membudayakan membuang sampah pada tempatnya.

Salam

0 comments: