Sabtu, 03 Agustus 2013

Pancasila Sila Kelima


 



All images are taken from google



HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN SILA KEADILAN SOSIAL DENGAN SIKAP SOSIAL SISWA SMK NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Oleh: Irvan Ulva Triwanda
(Mahasiswa PPKn 2007)

Abstrak

Memasuki era globalisasi yang kompetitif dan terbuka, nilai-nilai masyarakat yang terkandung dalam Pancasila dan UUD 1945 mulai memudar, terutama dikalangan pemuda dan pelajar yang pada dasarnya justru merupakan generasi muda dan penerus cita-cita bangsa. Kondisi ini setidaknya mencerminkan mulai lunturnya wawasan kebangsaan di kalangan para pelajar. Reaktualisasi Pancasila diperlukan untuk memperkuat paham kebangsaan dan nilai-nilai luhur Pancasila. Dengan adanya pemahaman nilai-nilai Pancasila, diharapkan pelajar mempunyai sikap sosial yang baik pula, apakah itu di lingkungan sekolah atau di lingkungan masyarakat.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimanakah hubungan antara pemahaman sila keadilan sosial dengan sikap sosial siswa SMK Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi korelasional dengan sampel berjumlah 36 responden.Teknik pokok pengumpulan data dengan menggunakan tes dan angket serta teknik penunjangnya adalah dokumentasi, observasi dan wawancara. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pemahaman sila keadilan sosial sedangkan variabel terikatnya adalah sikap sosial siswa.

Bedasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa: (1) Pemahaman sila keadilan sosial siswa SMK Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012 mempunyai kategori paham; (2) Sikap sosial siswa SMK Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012 adalah baik; (3) Bedasarkan hasil analisis hipotesis yang dilakukan maka terdapat tingkat keeratan hubungan yang kuat antara pemahaman sila keadilan sosial dengan sikap sosial siswa SMK Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. 

0 comments: