Senin, 12 Agustus 2013

Fokus PKn



Semangat PKn

PKn di Indonesia diharapkan dapat mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang memiliki komitmen yang kuat dan konsisten untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hakikat negara kesatuan Republik Indonesia adalah negara kebangsaan modern. Negara kebangsaan modern adalah negara yang pembentukannya didasarkan pada semangat kebangsaan atau nasionalisme yaitu pada tekad suatu masyarakat untuk membangun masa depan bersama di bawah satu negara yang sama, walaupun warga masyarakat tersebut berbeda-beda agama, ras, etnik, atau golongannya. (Risalah sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia/BPUPKI) dan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia/PPKI).
Pendidikan kewarganegaraan menurut Depdiknas (2006:49), adalah mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Lebih lanjut Somantri (2001:154) mengemukakan bahwa:
PKn merupakan usaha untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan dan kemampuan dasar yang berkenaan dengan hubungan antar warga negara dengan negara serta pendidikan pendahuluan bela negara agar menjadi warga negara agar dapat diandalkan oleh bangsa dan negara.

Berdasarkan paragraph di atas dapat saya simpulkan bahwa pendidikan kewarganegaraan memberikan pemahaman berpikir secara lebih luas mengenai kehidupan sehari-hari dan kehidupan kebangsaan/kenegaraan yang kemudian diharapkan kepada warga negara untuk dapat melakukan hal-hal yang terbaik secara nyata demi kemajuan bangsa dan negara di masa yang akan datang. Dengan demikian penting untuk mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia yang siap untuk berkompetisi secara global terlebih saat ini berada di era informasi dan teknologi yang dapat berubah dengan sangat cepat. Oleh karena itu, pendidikan kewarganegaraan memberikan panduan dan arahan serta pengetahuan kepada warga negara agar menjadi warga negara yang dapat melakukan implementasi hal yang positif secara nyata, tepat, dan baik untuk kemasalahatan bersama.

0 comments: