Apakah pendidikan kewarganegaraan
itu?
Pendefinisian mengenai pendidikan
kewarganegaraan terdiri atas beberapa pengertian yang dikemukakan
oleh beberapa ahli seperti yang dijelaskan di bawah ini:
John Mahoney
Civic education includes and
involves those teaching, that type of teaching method, those student
activities, those administrative supervisory procedure which the
school may utilize purposively to make for better living together in
the democratic way or (synonymously) to develop better civic
behaviors. (John Mahoney, 1976: 35)
Menurut pengertian tersebut, ruang
lingkup pendidikan kewarganegaraan (civic education) meliputi seluruh
kegiatan sekolah, termasuk kegiatan ekstra kurikuler seperti kegiatan
di dalam dan di luar kelas, diskusi, dan organisasi kegiatan
siswa.Diupayakan memuat nilai-nilai moral yang berguna bagi
pembentukan kepribadian peserta didik sebagai bekal hidup
bermasyarakat masa kini dan masa datang.
Sementara itu, ahli lain yaitu Jack
Allen merumuskan civic education sebagai berikut:
Jack Allen
Civic education properly defined, as
the product of the entire program of the school, certainly not simply
of the social studies program, and assuredly not merely of a course
in civics. But civics has an important function perform. It confronts
the young adolescent for the first time in his school experience with
a complete view of citizenship function, as rights and
responsibilities in a democratic context.
Berdasarkan pendapat Jack Allen di atas
dapat disimpulkan bahwa pendidikan kewarganegaraan berfungsi sebagai
pegangan bagi peserta didik untuk berinteraksi dan berbuat sebagai
warga negara yang baik sekaligus paham akan hak dan kewajibannya
dalam konteks kehidupan yang demokratis.
0 comments:
Posting Komentar