Selasa, 15 Februari 2011

Kontrak Perkuliahan Ilmu Kewarganegaraan

FKIP P-IPS PPKn
UNIVERSITAS LAMPUNG

SILABUS MATA KULIAH

Mata Kuliah : Ilmu Kewarganegaraan
Kode : KPK 121
SKS : 2
Program Studi : PPKn
Dosen : M. M. Adha, S.Pd, M.Pd
Waktu Perkuliahan : 1 minggu x 1 pertemuan x 16


  1. Tujuan
Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menguasai mengenai ilmu kewarganegaraan dan memecahkan masalah-masalah yang terdapat didalamnya melalui proses perkuliahan dengan pendekatan inkuiri, kajian teoritis, konseptual, interdisipliner, multidimensional dalam kehidupan masyarakat yang pluralistik.

  1. Deskripsi
Ilmu kewarganegaraan merupakan mata kuliah wajib dengan jumlah SKS 2 yang ditempuh oleh mahasiswa program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada jenjang S1 sebagai bagian dari penguasaan dimensi akademik dan persiapan untuk menuju kepada mata kuliah yang terkait dengan ilmu kewarganegaraan. Mata kuliah ini mengkaji secara kritis aspek-aspek konseptual dan teoritis, praksis-operasional kehidupan warga Negara serta tataran PKn dalam dimensi kurikuler, sosial kultural, dan akademik serta masalah kehidupan berbangsa dan bernegara pada tingkat lokal, nasional, dan global. Pendekatan perkuliahan menekankan pada analisis masalah kehidupan berbangsa dan bernegara, konseptual dan substansial serta pemecahan masalah menggunakan proses berpikir interdisipliner, multidisipliner, multidimensional, dan crossdisipliner.

  1. Pendekatan Pembelajaran
  1. Pendekatan ekspositori
  2. Analisis buku teks, dokumentasi, dan bahan-bahan pendukung lainnya
  3. Pemecahan masalah
  1. Uraian Materi Pokok
  1. Pertemuan 1:
Warga negara dan kewarganegaraan
  1. Pertemuan 2:
Warga negara Indonesia dan peraturan mengenai kewarganegaraan Indonesia
  1. Pertemuan 3:
Tata cara memperoleh, kehilangan, pembatalan, dan memperoleh kembali kewarganegaraan Republik Indonesia (Undang-Undang Kewarganegaraan)
  1. Pertemuan 4:
Wawasan nusantara
  1. Pertemuan 5:
Ketahanan nasional
  1. Pertemuan 6:
Karakteristik warga negara yang baik
  1. Pertemuan 7:
Perkembangan PKn dan pendekatan interdisipliner dalam PKn
  1. Pertemuan 8:
Ujian Tengah Semester
  1. Pertemuan 9:
PKn sebagai wahana pendidikan demokrasi
  1. Pertemuan 10:
PKn dalam perspektif global
  1. Pertemuan 11:
Hak dan kewajiban warga negara
  1. Pertemuan 12:
Geostrategis Indonesia (ketahanan nasional)
  1. Pertemuan 13:
Perkembangan pendidikan kewarganegaraan di negara berkembang dan negara maju
  1. Pertemuan 14:
Globalisasi, teknologi informasi dan komunikasi
  1. Pertemuan 15:
Etika, lingkungan dan masyarakat
  1. Pertemuan 16:
Ujian Akhir Semester

  1. Strategi Pembelajaran
  1. Membahas silabus perkuliahan dan mengakomodasi berbagai masukan dari mahasiswa untuk member kemungkinan revisi terhadap pokok bahasan yang dianggap tidak penting dan memasukkan pokok bahasan yang dianggap penting, sesuai dengan apa yang dikemukakan dalam silabus. Pertemuan ini dikemukakan pula tujuan, ruang lingkup, prosedur perkuliahan, penjelasan tentang tugas yang harus dilakukan oleh mahasiswa, ujian yang harus diikuti termasuk jenis soal dan cara menyelesaikan/menjawab pertanyaan, dan dalam menggunakan sumber-sumber;
  1. Melakukan studi literatur dan sumber yang relevan untuk pengembangan materi pembelajaran, dengan memperhatikan pilihan tema dan pokok bahasan dengan kajian individual atau kelompok.
  1. Selama mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diwajibkan mengikuti kegiatan:
  1. Tanya jawab dan diskusi kelas tentang masalah-masalah actual kontemporer tentang ilmu kewarganegaraan, khususnya di Indonesia dan dalam konteks global.
  2. Penyajian makalah dalam diskusi kelas tentang masalah-masalah yang dipilih tentang ilmu kewarganegaraan, disiapkan secara individual atau kelompok.
  3. Pengumpulan data lapangan dilakukan melalui akses internet dan sumber media masa, serta sumber-sumber lainnya yang aktual.
  1. Evaluasi
Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam:
  1. Partisipasi kegiatan kelas dalam diskusi, tanya jawab, presentasi, dan pelaksanaan tugas lainnya
  2. Pembuatan dan penyajian makalah di kelas (kelompok)
  3. Tugas akhir semester (individu)
  4. Ujian Tengah Semester
  5. Ujian Akhir Semester
  1. Daftar Literatur
Budimansyah, D. (2010). Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. Widya Aksara Press: Bandung.

----------------------. (2006). Pendidikan Nilai Moral Dalam Dimensi Pendidikan Kewarganegaraan. Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) FPIPS-UPI Bandung.

-----------------------. (2008). Revitalisasi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Praktik Belajar Kewarganegaraan (Project Citizen). Acta Civicus Vol.1, No 2, April 2008,179-198.

Cogan, J. J, and Derricott, R. (1998). Citizenship for the 21st Century An International Perspective on Education. Kogan Page: London.

Darmadi, H. (2010). Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan. Alfabeta: Bandung.

Effendi, M. (1993). Hak Asasi Manusia (dalam hukum nasional dan internasional). Ghalia Indonesia: Bogor.

Kalidjernih, F. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan. Widya Aksara Press: Bandung.

------------------. (2009). Globalisasi dan Kewarganegaraan. Acta Civicus Vol.2, No 2, April 2009, 113-126.

Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas). (1999). Kewiraan Untuk Mahasiswa. Gramedia: Jakarta.
Masyitoh, S. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI Bandung.

Sapriya. (2008). Perspektif Pemikiran Pakar tentang Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pembangunan Karakter Bangsa. Acta Civicus Vol.1, No 2, April 2008, 199-214.

Sumarsono, et all. (2005). Pendidikan Kewarganegaraan. Gramedia: Jakarta.

Sumodiningrat, G. Indonesia Emas (Model Pembangunan Indonesia Baru Menuju Negara Bangsa Yang Unggul Dalam Persaingan Global). Gramedia: Jakarta.

Suriakusumah. (1992). Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan dan Masalah Warga Negara. PMPKN-FPIPS IKIP Bandung: Bandung.

Tim Nasional Dosen Pendidikan Kewarganegaraan. (2010). Pendidikan Kewaraganegaraan. Alfabeta: Bandung.

Triyanto, et all. (2010). Inovasi Pembelajaran Pancasila di Perguruan Tinggi. UNS Press: Surakarta.

Turner, at all. (1990). Civics (Citizen in Action). Merril Publishing Company: Ohio.

Wantoro, T. (2008). Profil Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Demokrasi. Acta Civicus Vol.1, No 2, April 2008, 215-222.

Winarno. (2009). Kewarganegaraan Indonesia (dari sosiologis menuju yuridis). Alfabeta: Bandung.

0 comments: