Selasa, 05 November 2013

Perlunya kreatifitas guru


Diperlukan kreatifitas guru
By: Mohammad Mona Adha

Kenyataannya, terkadang ada sebagian guru hanya terpaku dan fokus kepada apa yang tertulis di dalam buku-buku pelajaran. Guru berfokus bagaimana menyelesaikan tema per tema, topik per topik dan dari bahasan ke bahasan yang yang dilingkupi oleh tulisan yang berasal dan bersumber dari buku paket.

Padahal seharusnya guru dapat mengembangkan dari materi yang ada di dalam buku. Apa yang menjadi topik dari dalam buku paket tersebut, guru harus dapat melengkapinya dengan informasi dan kebutuhan-kebutuhan lainnya yang dirasakan dapat memperkaya pembahasan dari topik yang ada. Sangatlah diperlukan, dengan ditambahkan dengan cara atau metode mengajar yang menarik, dapat ditambahkan dengan portofolio, ditambahkan dengan pengetahuan-pengetahuan lainnya yang relevan dan memotivasi minat siswa di dalam kelas. Dengan demikian guru akan menjadi kaya ilmu dan kreatifitas yang dapat mencapai standar nasional sesuai dengan SNP yang diprogramkan oleh pemerintah.

Jadi sebenarnya apa yang dikatakan dengan materi bukanlah materi yang ada pada buku paket. Melainkan materi itu adalah, bagaimana hasil interpretasi guru yang disampaikan kepada siswa yang telah dikembangkan dan tentunya menarik bagi siswa. Dengan demikian guru hasrus memiliki kreatifitas dalam pengembangan bahan-bahan pelajaran untuk diajarkan ke dalam kelas.

0 comments: