Senin, 18 November 2013

Manusia Kelas Dunia


Manusia Kelas Dunia

Pendapat Kanter sebagaimana dikutip Wisnubrata (2001), menyebutkan ada tiga ciri manusia kelas dunia (world class), yaitu:
  1. konsep (concept),
  2. kompetensi (competence), dan
  3. koneksi (connection).
Concept berkaitan dengan kemampuan mengembangkan pengetahuan dan gagasan-gagasan mutakhir. Sedangkan competence berkenaan dengan pengembangan kemampuan untuk bekerja secara multidisiplin. Kemudian, connection berhubungan dengan pengembangan jaringan sosial (social network) untuk melakukan kerjasama secara informal.

Selanjutnya Wisnubrata (2001) menambahkan dua syarat lagi untuk melengkapi syarat manusia kelas dunia sebagaimana yang telah dikemukakan oleh Kanter. Dua syarat itu adalah:
  1. kredibilitas (credibility), dan
  2. kepedulian (caring).
Kredibilitas berhubungan dengan integritas: jujur, menjalankan apa yang dikatakan (walk the talk), memegang teguh janji, berlaku adil, sehingga akan membangun rasa percaya (trust), dan rasa hormat (respect) dari orang lain. Kemudian kepedulian (caring) yakni peka dan tanggap terhadap kebutuhan dan keadaan orang lain, memberi yang terbaik tanpa pamrih, berbagi pengetahuan dan informasi dalam rangka memperkaya wawasan dan mentalitas (abundant mentality).

(artikel diambil dari tulisan: Drs. Rahmat, M.Si, Peran strategis Pkn untuk membangun karakter bangsa di era global, Prosiding Seminar Internasional Pendidikan Kewarganegaraan – Building civic competences in global era through civic education: problem and prospect, hal: 45 diterbitkan oleh Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Indonesia, 2009)

0 comments: