Senin, 06 Mei 2013

FIELD TRIP TO ANUENUE SCHOOL (EMERSION SCHOOL)


FIELD TRIP TO ANUENUE SCHOOL (EMERSION SCHOOL)

Sekolah dasar Anuenue dibangun pada tahun 1950-an. Sekolah Anuenue merupakan sebuah sekolah yang terdiri atas sekolah dasar hingga sekolah menengah. Anuenue school sendiri terletak tidak begitu jauh dari pusat kota, dan disekitar sekolah ini terdapat perbukitan yang pemandangannya sangat indah serta ditambah rasa sejuk menemani selama kami berkunjung ke sekolah tersebut. Tentunya rasa nyaman sekolah sangat dirasakan seluruh siswa yang ada di dalamnya.



Sekolah Anuenue sebagai salah satu sekolah pemerintah ini menggunakan bahasa Hawaiian (emersion school) sebagai bahasa pengantarnya sehari-hari. Bahasa Hawaii dilarang di sekolah umum pada tahun 1896, dan 91 tahun kemudian pencelupan sekolah didirikan oleh negara Dewan Pendidikan untuk meningkatkan jumlah penutur asli dan memulihkan bahasa. Kunjungan Field Trip ke Anuenue School difasilitasi oleh David L. Grossman selaku koordinator pada kegiatan ini, dimana David adalah koordinator dari East West Center Manoa-Honolulu. Field trip tersebut diikuti oleh seluruh peserta Short Course on Civic Education 2012 yang berjumlah 12 orang, dan 1 asisten koordinator.

Laporan perbaikan dan status sekolah ini telah disiapkan sebagai bagian dari sistem akuntabilitas Departemen Pendidikan untuk menyediakan account yang teratur dan dimengerti oleh sekolah dan melihat kinerja serta kemajuan, seperti yang dipersyaratkan oleh 302A-1004 di Hawai'i yang berdasarkan undang-undang yang telah direvisi. Laporan ini menjelaskan sekolah ini dalam menyediakan informasi tentang administrator sekolah, guru, siswa, dan fasilitas; kemajuan yang dibuat berdasarkan rencana perbaikan sekolah, ringkasan, dan laporan hasil prestasi siswa bersama dengan informasi penting lainnya.

Anuenue sekolah ini juga dikenal sebagai Ke Kula Kaiapuni' o Anuenue. Ini adalah sekolah K-12 yang menggunakan bahasa Hawaii khususnya di O'ahu. Letak geografis dari sekolah ini yaitu pada bagian belakang terdapat Palolo Valley. Terletak di tanah subur Ala Wai dan Das Waikiki. Aliran Pukele membentang dan melewati sepanjang perbatasan sekolah ini. Hal ini memungkinkan sekolah memiliki patch taro di mana siswa dan pengunjung akan mendapatkan pengalaman, sekaligus melihat asli pertanian dari masyarakat Hawaii, budaya dan bahasa Hawai'i.

Keterlibatan orang tua sangat penting dan disambut baik oleh pihak sekolah. Ada banyak cara dimana orang tua dapat terlibat. Ada kelas tertentu kesempatan untuk para relawan. Ada organisasi Na Leo Kako'o atau PTA. Selain itu, sekolah memiliki Community Council atau SCC. Sebagai sekolah umum reguler, para siswa Anuenue berpartisipasi dalam kegiatan dewan mahasiswa negara dan pelatihan. Siswa juga sangat aktif dalam atletik melalui keanggotaan sekolah di OIA atau Asosiasi O'ahu.
Tidak ada batas-batas geografis di sekolah ini, bahwa siswa di sekolah ini datang dari pulau seluruh O'ahu. Beberapa siswa bahkan datang dari pulau-pulau tetangga. Semua siswa, siswa bahkan non-Hawaii, dipersilakan untuk bersekolah disini.

0 comments: