Rabu, 08 Mei 2013

Yang diperlukan dan dibawa pada saat kita akan bepergian





Apa sajakah yang perlu diperhatikan pada saat kita akan melakukan perjalanan jauh?
(berwisata, dan kegiatan lainnya)

Pakaian
Jumlah pakaian yang dibawa pada saat kita akan bepergian jauh untuk beberapa hari tentu hal yang paling penting untuk diperhatikan. Karena jangan sampai pada saat kita masih berada di luar kota kita kehabisan baju untuk dipakai. Memang, hal ini bisa disiasati dengan membeli pakaian di toko atau mal terdekat, tetapi untuk lebih mengefektifkan waktu selama dalam perjalanan/bepergian, lebih baik pakaian disiapkan sesuai dengan jumlah hari kita bepergian.

Uang
Siapkan uang yang cukup selama kita melakukan perjalanan. Disamping kita membutuhkan uang untuk akomodasi dan transportasi, uang juga kita perlu persiapkan untuk hal-hal yang tidak terduga sifatnya. Jangan lupa untuk menyiapkan uang dengan pecahan kecil mengingat sepanjang perjalanan kita akan menemukan pemusik jalanan, atau untuk membayar toilet dan lain-lain. Dengan uang yang cukup akan membuat kita merasa lebih nyaman selama bepergian.

Makanan dan minuman
Selama dalam perjalanan sebaiknya kita juga membawa makanan dan minuman yang secukupnya. Karena hal ini akan memudahkan kita, karena belum tentu selama perjalanan kita akan dengan mudah mencari toko atau mini market untuk membeli makanan dan minuman. Bawalah jenis makanan dan minuman yang tentunya anda sukai tentunya.

Jaga Kesehatan
Beberapa hari sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya kita tetap menjaga kesehatan tubuh kita agar perjalanan tidak terganggu dan semua jadwal atau kunjungan dapat berjalan sesuai dengan yang kita harapkan. Beberapa hari sebelumnya kita menjaga pola makan dan makanan yang bergizi, minumlah vitamin jika diperlukan, agar tubuh kita benar-benar dalam kondisi yang terbaik untuk bepergian. Selama dalam perjalanan pun, kita tetap menjaga kesehatan. Tetap makan secara teratur dan minumlah air putih yang cukup.

Alat Komunikasi
Yang satu ini juga tidak kalah pentingnya. Mengapa demikian? Karena dengan selalu membawa alat komunikasi (handpone), maka kita dapat memberikan kabar kepada keluarga atau orang terdekat mengenai dimana posisi kita saat itu. Dan juga, kita akan dengan mudah dihubungi oleh keluarga/teman dan yang lainnya yang ingin memberikan informasi. Jangan lupa untuk membawa charger dalam tas kita, hal ini sering terlupakan untuk dicek sebelum berangkat, oleh karena itu siapkanlah charger handpone anda satu hari sebelum keberangkatan.

Kamera atau Handycam
Mengabadikan momen-momen yang indah dan berkesan atau pemandangan yang bagus dibutuhkan kamera atau handycam untuk merekam agar tetap bisa dikenang sesampainya di rumah. Dengan demikian kita tidak akan kehilangan peristiwa/momen yang menyenangkan bahkan kita bisa mencetak foto-foto perjalanan kita tadi untuk dijadikan album yang tak terlupakan. Jangan lupa untuk selalu membawa pengisi baterai kamera dan handycam anda, agar tidak mengganggu momen yang indah untuk diabadikan.

Pena dan Kertas Catatan
Biasakan untuk membawa pena dalam setiap perjalanan anda. Terlebih pada saat anda dalam penerbangan antar negara, anda akan membutuhkan pena untuk mengisi biodata atau kartu pas untuk masuk ke suatu negara tertentu. Pada saat dalam penerbangan sebelum beberapa saat anda akan mendarat maka kita biasanya dibagikan kertas tadi untuk diisi berupa data antara lain nama anda, nomor passport dan lain-lain. Letakkan pena tersebut dalam tas bawaan anda atau ke dalam saku kemeja anda supaya lebih mudah saat diperlukan.

Kertas hendaknya juga kita bawa dalam perjalanan karena sewaktu-waktu kita membutuhkan kertas untuk mencatat info-info penting atau denah/rute-rute tertentu yang tidak semuanya bisa kita tulis/catat di handphone anda. Tidak perlu banyak membawa kertas, secukupnya saja sesuai dengan kebutuhan selama dalam perjalanan.


Memesan Tiket
Bila anda ingin bepergian dengan pesawat, sebaiknya anda memesan tiket dari jauh hari. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kehabisan tiket pesawat, apalagi kalau keberangkatan anda berbarengan dengan liburan sekolah. Biasanya pada musim liburan, akan sangat banyak orang memesan tiket, hal ini harus diperhatikan. Sesuaikan kelas penerbangan yang anda gunakan, apakah itu kelas utama, bisnis, atau ekonomi. Sesuaikan pula harga pemesanan tiket dengan budget yang telah anda tentukan, sehingga lebih efektif dan efesien dalam pengeluaran. Pemesanan tiket dapat anda lakukan sendiri atau dengan bantuan travel agent di kota anda. Tiket yang telah anda pesan dan anda pegang harap disimpan baik-baik agar tidak hilang, dan mudah ditemukan pada saat hari H tiba.

Perhatikan Barang Bawaan
Perlu untuk memberikan tanda khusus pada bagasi anda, apakah itu berupa tulisan atau pita dan lain-lain. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pada saat kita mengambil bagasi di baggage claim, kemudian tanda-tanda khusus juga dimaksudkan agar bagasi anda dengan sangat mudah dikenali. Jangan lupa untuk memberikan identitas pada bagasi anda, boleh dengan nama anda atau kota/bandara tujuan anda. Terakhir, jangan lupa untuk menghitung dan mengingat jumlah bagasi yang anda bawa agar tidak tertinggal di dalam pesawat atau baggage claim.

Selalu Menjaga Sikap dan Perilaku
Selama bepergian dengan moda transportasi apapun, anda harus tetap menjaga kebersihan selama dalam perjalanan, jangan membuang sampah sembarangan. Buanglah sampah pada tempatnya. Bersikaplah dengan baik dalam perjalanan dan berhati-hatilah terhadap orang yang tidak anda kenal, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Kemudian perhatikan juga pengumuman atau tulisan yang berisi larangan yang ditempel di tempat-tempat umum atau yang ditempel pada moda transportasi seperti pesawat, bus, kereta api, dan kapal laut. Biasanya ada larangan merokok, makan atau minum untuk di tempat-tempat tertentu dan jenis transportasi tertentu.   

0 comments: