Selasa, 28 Mei 2013

Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan


Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan

Pendidikan Kewarganegaraan disetiap jenjang pendidikan harus dilaksanakan dan penting untuk dikembangkan guna membekali peserta didik dengan pengetahuan dan kemampuan dasar untuk mewujudkan warga negara yang baik dan dapat ikut berperan serta dalam pembangunan bangsa dan negara. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional dinyatakan bahwa; “Pendidikan Kewarganegaraan wajib dimuat dalam kurikulum pendidikan dasar, menengah dan pendidikan tinggi.”
Mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan diberikan bertujuan agar siswa memiliki bekal yang cukup mengenai hak dan kewajiban sebagai warga negara, baik yang bersifat teoretis maupun praktis. Secara teoretis dalam artian bahwa siswa dapat memahami kaidah-kaidah hak dan kewajiban, sedangkan secara praktis berarti bahwa agar siswa mampu melaksanakan sikap demokratis dan berpikir kritis dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.
Pendidikan kewarganegaraan sangat urgensi untuk dikembangkan dalam kehidupan globalisasi dan modern seperti sekarang ini. Mengapa demikian? Dikarenakan semakin maju pesatnya perkembangan disegala bidang baik informasi dan teknologi dan yang lainnya, dibutuhkan sumber daya manusia yang tidak hanya pintar atau cerdas saja, tetapi juga sangat diperlukan individu-individu yang handal dan cakap sebagai warga negara dan mampu melihat implikasi dari pilihan yang dipilihnya untuk kemajuan dirinya sendiri dan juga kemajuan bangsa. Tidak hanya pintar secara kognitif saja, tetapi dibutuhkan manusia yang peka terhadap perkembangan lingkungan sekitarnya dengan berbuat atau bertindak yang baik yang sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
Dengan demikian pendidikan kewarganegaraan di sekolah sangatlah penting untuk membekali siswa dengan pengetahuan dasar nilai-nilai demokrasi sehingga dapat tumbuh dalam diri siswa kesadaran berdemokrasi. Melalui proses berdemokrasi ini, maka siswa dapat bebas mengemukakan pendapat di kelas. Pendidikan kewarganegaraan dengan karakteristik konsep yang abstrak, kompleks dan simbolik, dapat dijadikan cakupan yang potensial untuk mengembangkan berpikir kritis siswa.

0 comments: