Rabu, 12 Juni 2013

Proses Belajar Mengajar di Dalam Kelas






Yang Dibutuhkan dalam Proses Belajar Mengajar di Dalam Kelas

Mewujudkan kelas yang menyenangkan dan memberikan semangat serta inspirasi bagi siswa sangatlah penting. Mengapa demikian? Kelas yang menyenangkan akan memberikan rasa yang menyenangkan pula bagi siswa. Tidak hanya sampai disini, dengan kelas yang menyenangkan, pasti akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi siswa pada saat belajar di dalam kelas. Coba bayangkan: Andaikan kita sebagai seorang siswa saat ini yang sedang berada di dalam kelas, apa yang menjadi harapan anda saat ini. Jawaban yang paling pertama adalah menginginkan kelas yang menyenangkan bagi anda. Menyenangkan berarti tidak membosankan, berisikan hal-hal atau informasi baru bagi siswa, menyegarkan bagi siswa, menambah pengetahuan yang nantinya berguna dalam hidup dan kehidupan, serta interaktif di dalam kelas sehingga ada pertukaran dan penambahan informasi yang terjadi dalam proses belajar saat itu.

Pertanyaannya adalah bagaimana mengelola kelas yang menyenangkan. Ini diperlukan pemahaman awal dan kreatifitas pengajar itu sendiri. Mewujudkan kelas yang menyenangkan membutuhkan beberapa langkah sehingga tercipta kelas yang harmoni dan bersahaja. Sebagai langkah yang pertama adalah menemukan ide-ide bermanfaat dan kreatif, kedua: menguraikan ide-ide menjadi proses penerapan, ketiga: persiapan proses penerapan ide-ide, keempat: pelaksanaan (action) ide-ide, dan yang terakhir, kelima: evaluasi hasil proses penerapan ide-ide tersebut, ini penting untuk melihat kembali mengenai efektifitas dan kebermanfaatan ide-ide tersebut yang sesuai dengan belajar yang menyenangkan di dalam kelas sehingga tercipta kelas yang interaktif dan tidak membosankan.

Selain belajar yang menyenangkan di dalam kelas, hal penting lainnya adalah tersedianya fasilitas yang cukup bagi siswa. Bagaimana fasilitas tersebut dikatakan cukup?. Dikatakan cukup apabila fasilitas tersebut dapat membantu pelaksanaan proses belajar mengajar di dalam kelas. Kemudian dikatakan cukup apabila fasilitas dapat menjangkau kebutuhan siswa selama proses belajar, lalu mempermudah siswa dalam aktivitasnya selama belajar. Seperti contoh antara lain, ketersediaan bahan belajar berupa buku-buku, fasilitas internet, multimedia yang dapat memberikan pemahaman lebih kepada siswa melalui pemutaran video/film atau tayangan-tayangan yang berhubungan dengan materi di kelas, sound system yang baik agar pesan lebih tersampaikan dengan baik apabila suara yang didengar cukup jelas bagi siswa. Bahkan melalui multimedia yang tersedia, siswa dapat membuat sendiri tayangan atau video yang dapat ditampilkan di dalam kelas sebagai hasil karya mereka sendiri yang dapat diperlihatkan dalam proses belajar dan sekaligus dilihat serta didiskusikan bersama dengan teman-temannya di kelas.

Masih mengenai fasilitas, kursi yang nyaman bagi siswa juga perlu diperhatikan, sehingga mereka bisa betah dan nyaman selama belajar, bisa dibayangkan kalau siswa terus menerus duduk di atas kursi yang tidak nyaman, ini akan berpengaruh kepada diri siswa dan motivasi belajarnya. Di kelas juga hendaknya disediakan lemari/rak-rak buku yang bisa dengan mudah untuk menyimpan hasil kerja siswa/tugas/karya siswa, dengan demikian siswa dapat dengan mudah melihat kembali hasil pekerjaan mereka jika sewaktu-waktu dibutuhkan pada saat belajar di dalam kelas. Kemudian kelas juga alangkah baiknya jika terdapat peta dunia yang berukuran cukup besar untuk siswa dapat menyadari bahwa mereka hidup menjadi bagian dari kehidupan yang luas (global/internasional), sehingga muncul rasa nasionalisme siswa dan bertekad untuk menjadi lebih baik di masa yang akan datang. Disamping peta, baik juga kiranya jika terdapat gambar-gambar yang dapat menginspirasi siswa dan mendidik secara tidak langsung, sehingga kelas juga akan terlihat lebih menarik dan membuat siswa merasa betah berada di dalam kelas.

Proses belajar mengajar yang menyenangkan dan interaktif serta menginspirasi bagi siswa merupakan langkah terbaik agar dapat menghasilkan generasi yang juga dapat berkontribusi di masa depan yang tentunya akan menjadi lebih baik.

0 comments: